Pola komunikasi orangtua dengan anak dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam keluarga petani di Desa Sorkam Kiri Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah
Main Author: | Pasaribu, Sukriman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1830/1/1323100032.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1830/ |
Daftar Isi:
- Komunikasi orangtua sangat penting dengan anak dalam memberikan pendidikan, terutama Pendidikan Agama Islam, karena orangtua adalah orang yang paling sering berkomunikasi dengan anak dengan segala kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai 1) Pola komunikasi orangtua dengan anak dalam pelaksanaan pendidikan keimanan pada keluarga petani di Desa Sorkam Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. 2) Pola komunikasi orangtua dengan anak dalam pelaksanaan pendidikan ibadah pada keluarga petani di Desa Sorkam Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah, dan 3) Pola komunikasi orangtua dengan anak dalam pelaksanaan pendidikan akhlak pada keluarga petani di Desa Sorkam Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pola komunikasi orangtua dengan anak dalam pelaksanaan pendidikan keimanan pada keluarga petani di Desa Sorkam Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah menggunakan pola komunikasi authorian, permissive dan authorative. Pola komunikasi yang digunakan di Desa Sorkam Kiri adalah acuh tak acuh terhadap apa yang dilakkan anaknya. 2) Pola komunikasi orangtua dengan anak dalam pelaksanaan pendidikan ibadah pada keluarga petani di Desa Sorkam Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah tampaknya cenderung terbuka dan lebih dominan menggunakan pola permissive, di mana orangtua lebih toleran terhadap apa yang dilakukan anaknya dan ada kemauan untuk mengajak anakanya melakukan ibadah, dan 3) Pola komunikasi orangtua dengan anak dalam pelaksanaan pendidikan akhlak pada keluarga petani di Desa Sorkam Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah menggunakan pola komunikasi authoritive, karena akhlak langsung berdampak kepada hubungan antara sesama keluarga.