Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual keagamaan siswa di MAN Sipirok Lokasi Sipange Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Syahwadi, Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1809/1/1523100076.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1809/
Daftar Isi:
  • Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sipirok Lokasi Sipange merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis agama di Kecamatan Sayurmatinggi. Adapun masalah yang ditemukan di madrasah ini terkait tentang kecerdasan spiritual keagamaan siswa dan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru PAI khususnya dalam meningkatkan kecerdasan spiritual keagamaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dimulai dari bulan Desember 2016 sampai dengan bulan Mei 2017. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kecerdasan spiritual keagamaan siswa di MAN Sipirok Lokasi Sipange yang diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual keagamaan siswa masih perlu untuk dibina dan lebih ditingkatkan lagi. Pembinaan kecerdasan spiritual keagamaan siswa tersebut bertujuan untuk menumbuhkan keikhlasan para siswa dalam melaksanakan perbuatan yang bernilai ibadah, kejujuran siswa dalam bertindak, menumbuhkan minat yang tulus dalam menghafal al-Qur’an, keikhlasan para siswa dalam memberi dan menjawab salam dari guru, keaktifan siswa dalam melaksanakan shalat berjama’ah, dan ketulusan niat siswa dalam melaksanakan rutinitas wirid yasin. Upaya-upaya yang dilakukan para guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual keagamaan siswa yaitu 1) dengan mengaktifkan siswa membaca ayat al-Qur-an waktu apel pagi, 2) para guru aktif memberikan arahan atau nasihat setiap hari pada waktu pelaksanaan apel pagi, 3) para siswa diaktifkan untuk membaca al-Qur’an pada awal pembelajaran, 4) para siswa diaktifkan melaksanakan shalat dhuhur berjama’ah setiap harinya, 5) para siswa disuruh menghapal ayat al-Qur’an dari juz 30, dan 6) para siswa diaktifkan melaksanakan pengajian wirid Yasin sekali dalam seminggu.