Modernisasi sistem pendidikan Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Padangsidimpuan

Main Author: Jono, Jono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1806/1/1423100064.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1806/
Daftar Isi:
  • Modernisasi sistem pendidikan merupakan suatu keharusan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada, terlebih lagi dalam sistem pendidikan pesantren sehingga dengan memodernisasi sistem pendidikanya, diharapkan pendidikan Pesantren khususnya mampu mengikuti perkembangan serta menjadi jawaban terhadap tantangan zaman. Melalui penelitian ini, peneliti berusaha untuk menjawab tiga persoalan: 1) bagaimana modernisasi sistem pendidikan yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Padangsidimpuan, 2) apa aspek yang mempengaruhi modernisasi di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Padangsidimpuan, 3) apa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat modernisasi di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dilakukan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi sistem pendidikan yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Padangsidimpuan meliputi Aspek Tujuan Pendidikan, Pendidik, Anak Didik, Kurikulum, Sarana-Prasarana, serta Lingkungan Pendidikan. Adapun aspek yang mempengaruhinya adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertambahan penduduk, meningkatnya animo masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik dan menurunnya kualitas pendidikan. Faktor pendukung modernisasi pendidikan tersebut adalah intensitas hubungan/kontak dengan kebudayaan lain, tingkat pendidikan yang maju yang mengajarkan kepada individu aneka kemampuan, sikap terbuka dan penduduk yang heterogen. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya hubungan dengan masyarakat luar, perkembangan pendidikan yang lambat dan sikap yang kuat dari masyarakat terhadap tradisi yang dimiliki.