Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam internalisasi nilai-nilai pluralitas agama dan implikasinya terhadap prilaku siswa SMA Negeri 1 Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Main Author: Harahap, Aziddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1804/1/1423100057.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1804/
Daftar Isi:
  • Kehidupan keagamaan di sekolah tak ubahnya sebagai sebuah Laboratorium pluralisme. Begitu pula halnya SMA Negeri 1 Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan, adalah sebuah lembaga pendidikan menengah yang merangkul berbagai macam peserta didik dengan berbagai macam latar belakang agama maupun etnis. Perbedaan latar belakang agama dan etnis Jika disikapi, disadari serta diterima dengan ketulusan hati, maka akan melahirkan sebuah masyarakat sekolah yang harmonis. Peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dengan tujuan penelitian untuk mengetahui realitas pluralitas agama, upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi nilai- nilai pluralitas Agama, implementasi internalisasi nilai- nilai pluralitas Agama pada perilaku Siswa, dan Implikasi Internalisasi nilai-nilai pluralitas agama pada prilaku siswa, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi: wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi, reduksi, dan interpretasi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Realitas pluralitas agama di SMA Negeri 1 Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan terdapat Nilai-nilai luhur yang telah diterapkan di SMA Negeri 1 Sungai Kanan Labuhanbatu Selatan. 1) Saling menghargai. 2) Saling menghormati. 3) Tidak membeda-bedakan dalam pemberian hak kepada setiap individu. 4) Tidak saling menjatuhkan. 5) Mengakui keragaman agama sebagai bentuk Sunnatullah. Kedua, Adapun upaya guru pendidikan Agama Islam dalam internalisasi nilai-nilai pluralitas agama. 1) Membangun Pradigma Keberagamaan 2) Menghargai keragaman bahasa. 3) Membanguan sikap kepedulian sosial. 4) Membangun sikap anti diskriminasi terhadap perbedaan kemampuan. 5) Membangun sikap anti diskriminasi umur. 6) Melakukan pengembangan materi pelajaran (PAI) dengan cara mengembangkan silabus. 7) Memberi kepahaman kepada Siswa akan arti pluralisme Agama secara mendalam melalui pelajaran agama Islam yang didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadits. 8) Melakukan bimbingan-bimbingan keagamaan di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. 9) Guru sebagai teladan. memberikan contoh yang baik.10) Pembinaan dialog antarumat beragama dalam kegiatan bersama di luar kelas. Ketiga Implementasi pluralitas 1) Pembelajaran melalui pemberian materi. 2) Kegiatan intra sekolah. 3) Kegiatan ekstra sekolah. Keempat Implikasi internalisasi nilai-nilai pluralitas terhadap prilaku siswa. 1) Terlaksananya perayaan keagamaan yang melibatkan siswa yang berbeda Agama sebagai panitia dalam hal kegiatan keagamaan. 2) Terwujudnya Komunikasi yang baik antar guru dan siswa serta antar siswa tanpa membedakan agama ataupun ras dan suku bangsa. 3) Terlaksananya kegiatan Pembinaan dialog antarumat beragama dalam kegiatan bersama di luar kelas.