Pengaruh kepemimpinan dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Robiul Islam Pasar Latong Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Nasution, Khalilah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1798/1/1423100046.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1798/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu guru bidang studi Fikih, dimana guru sangat sulit mengelola kelas, murid selalu ribut, apabila guru melontarkan pertanyaan yang bersangkutan dengan pelajaran siswa-siswinya tidak ada yang mendapat melakukan pengulangan pelajaran siswa-siswinya tidak ada yang bisa, Murid sangat sulit menerima penjelasan guru, dan di dalam kelas itu siswa-siswinya terlalu banyak atau disebut juga dengan kelas gemuk serta melihat hasil belajar siswa dalam kesehariannya, masih jauh dari yang diharapkan. Kurangnya perhatian siswa terhadap stimulus belajar mengakibatkan kebosanan, kekosongan perhatian, bahkan penolakan keterlibatan diri terhadap suatu hal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh kepemimpinan dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Robiul Islam Pasar Latong Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis kuantitatif, yakni dilakukan untuk meneliti suatu peristiwa yang telah terjadi dan kemudian mengamati kebelakang tentang faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya kajian dari ketiga variabel tersebut serta pengaruh antara masing-masing variabel. Populasi penelitian ini adalah semua siswa berjumlah 120 orang. Sampel yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik cluster sampling. Jadi sampel yang diambil sebanyak 24 orang tiap lokal diambil 8 orang siswa masing-masing dari tiga lokal tersebut. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data angket kepemimpian, kepribadian dan motivasi belajar siswa yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal tiap dari variabel yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan menggunakan rumus kolerasi ganda, dan menggunakan rumus uji anava dan regresi ganda, dilanjuti dengan uji signifikan antar faktor yang menggunakan rumus F untuk melihat sejauh mana pengaruh antar masing-masing variabel tersebut. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa hasil dari rhitung 0,453 untuk penghitungan anava Fo 5,71 untuk Ftabel 4,30 untuk pengaruh pengaruh antara kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII dimana thitung 2,384 ttabel 2,074 ternyata thitung > ttabel maka signifikan, kemudian rhitung 0,45 untuk penghitungan anava Fo 5,71 untuk Ftabel 4,30 untuk pengaruh kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VII thitung 2,363 thitung> ttabel maka signifikan, dan selanjutnya secara bersamaan ketiga variabel diperoleh kolerasi sebesar 0,580 kemudian Ftabel 3,47 maka Fhitung > Ftabel atau 5,322 > 3,47 maka hipotesis diterima, jadi dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Robiul Islam Pasar Latong Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas.