Pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam pokok bahasan zakat kelas X SMA Negeri 1 Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Arsyad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1793/1/1423100038.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1793/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam pengajaran, khusunya pengajaran agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efesien. Di samping masalah lainnya yang juga sering didapati adalah kurangnya perhatian guru agama terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya meningkatkan mutu pengajaran secara baik. Sebagai alternatif jawaban terhadap masalah-masalah tersebut sangat diperlukan pengkajian secara kontinuitas dan mendalam tentang metode pengajaran yang digunakan. Sebagai contoh metode demonstrasi digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar perlu dikembangkan secara terencana dengan mengaplikasikan model advance organizer yaitu penggunaan bahan pengait dalam pengorganisasian bahan. Metode demonstrasi merupakan metode yang paling sederhana dibandingkan dengan metode-metode mengajar lainnya. Metode demonstrasi adalah pertunjukan tentang proses terjadinya sesuatu peristiwa atau benda sampai penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara nyata atau tiruannya. Untuk itu peneliti tertarik melihat pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok zakat di kelas X SMA N I Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode demonstrasi, dengan nonrandomized control group pre test post testdesign, prosedur desain ini sama dengan prosedur randomized control group pre test post test design, kecuali subjek ditetapkan tidak random. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang. Instrumen pengumpulan data adalah angket berbentuk pilihan ganda untuk motivasi dan essay untuk hasil belajar yang terdiri dari 45 butir soal untuk pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. Berdasarkan uji statistik yang dilakukan pada kelas perlakuan dan tanpa perlakuan didapatkan hasil uji wilcoxon diperoleh statistik tabel untuk n 30 adalah α 0,005 dan statistik hitung = 0,0001. Jadi Ha yaitu ada pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan zakat di kelas X SMA N 1 Padangsidimpuan.