Analisis keterampilan menjelaskan melalui pembelajaran micro teaching pada mahasiswa semester VI Jurusan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Megawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/178/1/12%20330%200113.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/178/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran keterampilan menjelaskan melalui pembelajaran micro teaching pada mahasiswa semester VI Jurusan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan dan apa saja hambatan-hambatan yang dialami dalam keterampilan menjelaskan melalui pembelajaran micro teaching pada mahasiswa semester VI Jurusan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan menjelaskan melalui pembelajaran micro teaching pada mahasiswa semester VI Jurusan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan dan untuk mengetahui hambatanhambatan yang dialami dalam keterampilan menjelaskan melalui pembelajaran micro teaching pada mahasiswa semester VI Jurusan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di IAIN Padangsidimpuan sejak 25 Februari sampai 16 Maret 2016. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester VI jurusan tadris matematika 2 kelompok II serta dosen pembimbing mata kuliah micro teaching. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian mahasiswa semester VI jurusan tadris matematika 2 kelompok II keterampilan mengajarnya masih dikelompokan kurang. Hal ini dikarenakan 2 orang dari 14 orang yang sudah mampu atau lancar dalam praktek mengajar dengan menjelaskan mata pelajaran sesuai dengan komponen-komponen menjelaskan, 4 orang yang sedang dan 8 orang lagi masih kurang. Ini disebabkan oleh beberapa faktor yang dirasakan mahasiswa praktikan dalam praktek tersebut. Adapun komponen keterampilan menjelaskan yang sudah terkuasai yaitu pemberian contoh dan yang belum terkuasai mereka yaitu dari segi penjelasan, penekanan dan juga umpan balik. Hambatan lain yaitu dari segi pembuatan RPP sebanyak berapa kali praktek dengan materi yang berbeda, menyiapkan materi, bagaimana menggunakan berbagai metode, media dan juga rasa tidak percaya diri. Untuk mengatasi hambatan tersebut adalah harus melewatinya dengan mempelajari dan menguasainya.