Metode tahfidz alquran siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Ansor Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara
Main Author: | Pasaribu, Rorizqina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1774/1/12%20310%200079.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1774/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan kajian terhadap metode tahfidz Alquran siswa madrasah Tsanawiyah Al-Ansor Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode tahfidz Alquran siswa Madrasah Tsanawiyah AlAnsor Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Apa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan tahfidz Alquran. Apa upaya dalam mengatasi kendala dalam melaksanakan tahfidz Alquran. Adapun konsep kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah membahas tentang pengetahuan dasar mengenai Alquran, metode tahfidz Alquran dan kaedah-kaedah emas dalam menghafal Alquran. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif dan teknik penggumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa sebanyak dua ruangan serta para tenaga pendidik yang memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti berkesimpulan bahwa metode tahfidz Alquran di Madrasah Tsanawiyah AlAnsor masih kurang baik. Sesuai dengan latar belakang masalah, yaitu masih banyak siswa yang belum bisa mengikuti program Tahfidz Alquran sesuai dengan target yang harus dicapai oleh setiap siswa. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pihak Madrasah Tsanawiyah Al-Ansor yang paling mendasar dan berpengaruh terhadap penerapan metode tahfidz Alquran adalah masih kurangnya tenaga pendidik khususnya dalam bidang tahfidz Alquran yang profesiaonal serta menguasai cara atau pun metode tahfidz Alquran. Hambatanhambatan ini disebabkan karena Madrasah Tsanawiyah Al-Ansor bukan merupakan lembaga pendidikan khusus Tahfidz Alquran.