Penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Liska Yanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1736/1/15%20201%2000014.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1736/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi kegiatan belajar mengajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Padangsidimpuan yang terlalu monoton. Dokumen RPP menunjukkan guru selalu mencantumkan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar, sehingga memberi dampak kepada hasil belajar siswa. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Strategi pembelajaran crossword puzzle menjadi strategi pembelajaran yang peneliti pilih untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan dan untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah 35 orang. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Pada aspek aktivitas belajar terjadi peningkatan dari siklus I 33,32%, siklus II 49,04%, dan siklus III 63,80%. Sedangkan pada aspek hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62,14%, siklus II 80,95%, dan siklus III 95,89%. Dengan demikian terjadi peningkatan pada aspek aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus