Penerapan metode kisah dengan media audiovisual dalam peningkatan hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan

Main Author: Lubis, Siti Aminah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1735/1/15%20201%2000015.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1735/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena kegiatan belajar mengajar sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Padangsidimpun yang cenderung pasif. Dokumen RPP guru selalu menggunakan metode ceramah dan kurangnya dalam penggunaan media yang menyebabkan siswa tidak menyukai pelajaran Sejarah kebudayaan Islam. Permasalahan yang sering terjadi dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ialah rendahnya hasil belajar siswa. Maka muncullah permasalahan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang rendah di MAN 1 Padangsidimpuan. Untuk itu peneliti memberikan solusi dalam penerapan metode kisah dengan media audiovisual dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan metode kisah dengan media audiovisual ini diharapkan agar hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode kisah dengan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 di MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 siswa di kelas X MIA 1 di MAN 1 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa: hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkat melalui penerapan metode kisah dengan media audiovisual. Peningkatan ini dapat dilihat dari tes yang diberikan peneliti. Rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus sebagai berikut: siklus I adalah 68,15, siklus II 72,105 dan siklus III 76,97. Dilihat dari hasil tindakan siklus I sampai siklus III terdapat peningkatan jumlah nilai rata-rata yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam