Penggunaan metode permainan kartu kata bergambar dalam peningkatan minat belajar akidah akhlak siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan

Main Author: Rambe, Nikmah Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1734/1/15%20201%2000055.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1734/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang terjadi berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi Akidah Akhlak bahwa pada saat proses pembelajaran berlangsung masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan teman yang berada di kelompok lain, ketika kerja kelompok yang bekerja hanya satu atau dua orang saja. Hal tersebut terjadi karena guru dominan menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Hal ini menyebabkan minat belajar Akidah Akhlak siswa kelas X di MAN 1 Padangsidimpuan rendah. Untuk itu peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode permainan kartu kata bergambar dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan minat belajar Akidah Akhlak siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar Akidah Akhlak siswa kelas X MIA 1 dapat meningkat dengan menggunakan metode permainan kartu kata bergambar. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil angket dan observasi. Hasil tindakan yang menggunakan angket pada siklus I dengan nilai rata-rata 97,31, siklus II 104,86, dan siklus III 113,65. Sedangkan hasil tindakan yang menggunakan observasi pada siklus I 86,83%, siklus II 91,44%, dan siklus III 95,39%. Dilihat dari hasil tindakan siklus I sampai dengan siklus III terdapat peningkatan jumlah nilai yang menunjukkan adanya peningkatan minat belajar Akidah Akhlak