Nilai-nilai Pendidikan Multikultural fase Nabi Muhammad Saw

Main Author: Partahian, Partahian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1730/1/1323100032.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1730/
Daftar Isi:
  • Pendidikan multikultural merupakan upaya untuk meredam gejolak perbedaan antarumat manusia. Maka menjadi penting untuk mengeksplorasi realitas multikultural pada fase Nabi Muhammad Saw untuk dijadikan sebagai acuan dalam mensikapi realitas multikultural dimasa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Piagam Madinah dan Khut}bah al-Wada>‘, 2) Realitas Keberagaman Multikultural Fase Nabi Muhammad Saw, dan 3) Upaya Nabi Muhammad Saw Mengajarkan Pendidikan Multikultural. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis, sosiologis dan normatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik literer. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan multikultural fase Nabi Muhammad Saw adalah: 1) Nilai pendidikan multikultural dalam piagam madinah dan khut}bah al-wada>’ adalah nilai demokrasi, kemanusiaan, keragaman, keadilan dan kesetaraan. 2) Realitas keberagaman multikultural fase Nabi Muhammad Saw adalah keberagaman bangsa, agama, ras dan keturunan. 3) Upaya Nabi Muhammad Saw mengajarkan pendidikan multikultural adalah dengan menanamkan hakikat manusia sebagai sifat dasar, akselerasi informasi dan komunikasi, membangun pusat pertukaran budaya, menyamakan persepsi dan membuat kesepakatan, dialog dan bersikap adil.