Implementasi kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Mandailing Natal
Main Author: | Marwazi, Arpan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1712/1/1323100005.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1712/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam salah satunya dapat dilakukan dari kurikulum yang digunakan. Dalam hal ini, SMP Islam Terpadu Al-Husnayain mengimplementasikan kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok, 2) Upaya yang Dilakukan Pendidik dan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok dan 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. 2) Upaya yang dilakukan Pendidik dan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok melalui pengambilan keputusan partisipatif, sosialisasi memperhatikan fasilitas dan sumber belajar yang perlu dikembangkan dalam mendukung suksesnya implementasi kurikulum serta tenaga pengelola dan peningkatan kemampuan pengelolanya. 3) Faktor Pendukung Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al-Husnayain Pidoli Dolok adalah Tenaga pengajar yang sesuai dengan bidangnya, Sarana dan prasarana yang menunjang, Kedisiplinan siswa dan Mayoritas siswa beragama Islam. Sedangkan penghambatnya adalah Kemampuan dan jiwa psikologi siswa yang berbeda-beda Guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu.