Hubungan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja dengan kinerja guru Pendidikan Agama Islam SD se-Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Siregar, Ali Akbar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1711/1/1323100004.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1711/
Daftar Isi:
  • Guru PAI SD di Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya belum menunjukkan kinerja yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru PAI SD baik secara parsial maupun simultan (bersama-sama) se-Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 62 orang yang terdiri dari guru PAI SD se-Kecamatan Batang Angkola. Sedangkan tehnik sampel yang digunakan adalah total sampling sebesar 62 orang. Jenis metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sedangkan tehnik pengumpulan data untuk masing-masing variabel (persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kinerja guru PAI SD) dengan menggunakan kuesioner (angket tertutup). Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru PAI SD se-Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan dengan memberikan kontribusi 45,8%. Hasil uji hipotesis kedua terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru PAI SD se-Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan dengan memberikan kontribusi 77,7%. Hasil uji hipotesis ketiga terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru PAI SD se-Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan dengan memberikan kontribusi 82,1%.