Eksistensi kurikulum tersembunyi dalam pembinaan akhlak siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Adek Kholijah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1710/1/1323100002.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1710/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah terabaikannya kurikulum tersembunyi oleh pendidik, sehingga akhlak peserta didik tidak terbina dengan baik, bahkan menimbulkan krisis iman dan akhlak, padahal eksistensi kurikulum tersembunyi sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pendidikan. Permasalahan penelitian adalah tentang Eksistensi Kurikulum Tersembunyi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan, dan Dampak Eksistensi Kurikulum Tersembunyi dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Kurikulum Tersembunyi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan, dan Dampak Eksistensi Kurikulum Tersembunyi dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi dan dokomentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Eksistensi Kurikulum Tersembunyi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan berupa kegiatan dan pembiasaan seperti: Membudayakan senyum, salam, sapa, sopan dan santun (5S), shalat dhuha setiap hari, memelihara kebersihan, shalat fardhu berjamaah setiap hari (zuhur dan ashar), puasa Senin dan Kamis, berinfakSenin dan Kamis, mengadakan kantin kejujuran, membaca Alquran sepuluh menit sebelum memulai pelajaran setiap hari, syarhil Alquran, hafalan surah, melaksanakan takziah, menjenguk yang sakit, disiplin waktu, mengadakan majalah dinding, menyantuni orang yang ditimpa musibah, melaksanakan fardhu kifayah terhadap jenazah, Full day school, kedisiplinan guru, kepribadian guru, sikap guru, penampilan guru, keteladanan guru, wawasan ilmu pengetahuan guru, dan hubungan guru dengan siswa. 2) Dampak Eksistensi Kurikulum Tersembunyi dalam Pembinaan Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Padangsidimpuan, yaitu, menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan siswa untuk memiliki akhlak mulia dengan melakukan sifat-sifat terpuji seperti: Rajin melaksanakan shalat fardhu berjamaah, rajin melaksanakan shalat dhuha, rajin membaca Alquran, rajin menghafal Alquran, rajin puasa Senin dan Kamis, gemar berinfak, mencintai kebersihan, peduli terhadap sesama, ramah, jujur, sabar, sopan, santun, membudayakan salam, tertib, disiplin, bertanggung jawab, menyayangi orang tua, menghargai guru, mencintai ilmu, gemar belajar, cerdas, aktif dan kreatif.