Penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan

Main Author: Lubis, Nur Baiti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1659/1/12%20310%200188.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1659/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran di sekolah untuk menambah wawasan peserta didik. Guru sebagai pendidik di sekolah dalam memberikan proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Guru pendidikan agama Islam harus menggunakan alat teknologi pembelajaran dengan tujuan untuk mudah dipahami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui jenis-jenis teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, dan untuk mengetahui penghambat penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang diarahkan untuk berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun instrument pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis datanya dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik data. Adapun hasil dalam penelitian ini yang di dapat di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. SMK Negeri 3 Padangsidimpuan sudah menggunakan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran PAI di kelas. Penggunaan teknologi pendidikan membuktikan bahwa SMK Negeri 3 Padangsidimpuan ikut mengikuti perkembangan zaman. Jenis teknologi pendidikan yang digunakan yaitu Laptop, Komputer, dan Infokus. Dengan penggunaan teknologi pendidikan ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dan memudahkan bagi pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Adapun yang menjadi penghambat dalam penggunaan teknologi pendidikan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan yaitu Minimnya alat-alat teknologi pendidikan yang bisa di aplikasikan dalam proses pembelajaran sehingga tidak bisa di pakai setiap pendidik setiap hari, namun harus saling berganti dengan pendidik lain. Selain itu juga kurangnya pengetahuan pendidik dalam mengaplikasikan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran, maka menjadi penghalang dalam penggunaan teknologi pendidikan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan.