Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di SMA Negeri 1 Muarasipongi
Main Author: | Arfah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1656/1/12%20310%200236.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1656/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa siswa kurang mampu mengendalikan dirinya terutama dari segi kedisiplinan terhadap peraturan sekolah seperti perkelahian antara pelajar, membawa handphon, keluar ketika jam pelajaran berlangsung, dan berbicara dengan tidak sopan. Sementara kegunaan self control ini adalah melatih anak-anak supaya bisa mengendalikan dirinya dengan baik. Rumusan masalah, Bagaimana upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan self control siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Guru, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di SMA Negeri 1 Muarasipongi Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di SMA Negeri 1 Muarasipongi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya sesuai dengan kontek peneliti. dengan menggunakan instrumen pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilaksanakan, peneliti mendapatkan hasil bahwa meningkatkan self control siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Muarasipongi secara umum masih kurang. Hal ini disebabkan kurangnya motivasi ataupun didikan dari sekolah maupun dari lingkungan keluarga dan masyarakat dalam meningkatkan self control siswa. Adapun upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di SMA Negeri 1 Muarasipongi yaitu masih kurang, ini juga terjadi karena kurangnya motivasi dan disiplin siswa itu sendiri. Adapun faktor pendukung adalah memberikan berupa nasehat-nasehat yang baik, sedangkan faktor panghambat yang di hadapi guru pendidikan agama islam adalah jumlah siswa yang begitu banyak, kurangnya kerja sama antara guru dan orang tua, dan kurangnya kesadaran dalam diri siswa untuk mengendalikan dirinya sendiri.