Pengaruh model pembelajaran resource based learning terhadap pemahaman konsep lingkaran di kelas VIII MTs.S P.P. Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho
Main Author: | Harahap, Hilmawarni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1605/1/12%20330%200015.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1605/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs.S. P.P. Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru tidak mampu menarik perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran cukup minim sekali, sehingga seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menjawab persoalan/permasalahan matematika baik dalam hal mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, menjelaskan keterkaitan antar konsep serta kesulitan dalam mengaplikasikan konsep dan algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu pembelajaran matematika harus diarahkan pada pengembangan kemampuan koneksi matematik antar berbagai ide, memahami bagaimana ide-ide matematik saling terkait satu sama lain sehingga terbangun pemahaman menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Resource Based Learning terhadap pemahaman konsep lingkaran di kelas VIII MTs.S. P.P. Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen klasik (classical experimental design). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTs.S P.P. Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 156 orang, dan untuk sampelnya diambil keseluruhan populasi yaitu sebanyak 61 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (postest). Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 1,901 > ttabel 1,67. Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran resource based learning terhadap pemahaman konsep lingkaran di kelas VIII MTs.S. P.P. Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho. KATA