Hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan di kelas XI IPA SMA Negeri I Sosa

Main Author: Siregar, Sri Elmina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1479/1/12%20330%200084.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1479/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggambarkan bahwa gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sosa. Dimana gaya belajar tersebut terbagi atas tiga macam yaitu yang pertama gaya belajar visual, gaya belajar visual yaitu cara belajar melalui apa yang mereka lihat, yang kedua gaya belajar auditorial, gaya belajar auditorial yaitu gaya belajar yang mengandalkan pada pendengaran, dan yang ketiga gaya belajar kinestetik, gaya belajar kinestetik yaitu gaya belajar yang mengandalkan pada gerakan-gerakan fisik. Dari ketiga gaya tersebut sangat berhubungan dengan hasil belajar, maka gaya belajar harus ditanamkan pada diri masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sosa, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sosa dan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sosa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan teknik Proporsional Random Sampling. Jadi, sampel yang diambil sebanyak 35 orang (25%) dari populasi.Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah angket dan tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dari analisis data angket dan tes diperoleh rxy = 0,690 termasuk kategori kuat, dengan thitung = 4,591 dibandingkan dengan ttabel, dk = n-2 = 35-2 = 33 maka ttabel = 1,692. Karena thitung > ttabel, yakni 4,591 > 1,692 sehingga ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan siswa dikelas XI IPA di SMA Negeri1Sosa