Pengaruh penguatan guru pendidikan Agama Islam terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan

Main Author: Yulanda, Yulanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1456/1/14%20201%2000030.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1456/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penguatan guru Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan?. Bagaimana konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan?. Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penguatan guru Pendidikan Agama Islam terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penguatan guru Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Untuk mengetahui konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penguatan guru Pendidikan Agama Islam terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan analisis data, jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling yang masuk pada tahun 2017/2018, yaitu sebanyak 120 siswa, maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 25% dari jumlah populasi yang ada, yaitu siswa yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling sebanyak 25% yang dilakukan secara acak dalam setiap kelas, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Sedangkan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini angket, dengan teknik analisis Product moment dan regresi linear sederhana. Dari analisis data angket diperoleh rxy 0,51 termasuk kategori cukup kuat, dengan Fhitung 9,79 dibandingkan dengan Ftabel dk n 2 30 2 28, maka yang menjadi F tabel 4,20. Karena Fhitung > F tabel, yakni 9,79 > 4,20 sehingga ada pengaruh yang signifikan antara penguatan guru Pendidikan Agama Islam terhadap konsep diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Adapun sumbangan X terhadap Y sebesar 26% dan nilai variabel Y dapat diprediksikan dengan variabel X berdasarkan persamaan regresi linear Ŷ 23,59 0,54x.