Peranan Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru PAI di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Robina Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1454/1/14%20201%2000021.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1454/
Daftar Isi:
  • Setiap guru memiliki karakter khusus yang berbeda-beda. Hal ini memerlukan perhatian khusus dari pemimpinnya, seperti motivasi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan motivasi kerja guru perlu diupayakan untuk terlebih dahulu membangkitkan motivasi guru, faktor yang mempengaruhinya. Untuk meningkatkan motivasi kerja guru kepala sekolah perlu memotivasi guru, ketika prapenelitian peneliti melihat kurangnya kedisiplinan, misalnya jika kepala sekolah tidak hadir maka ada guru yang tidak masuk ruangan atau tidak melaksanakan tugasnya sedangkan jam belajar sudah berlangsung. Guru tersebut bersantai dikantin sekolah, melaksanakan kegiatan pribadinya dikantor. oleh karena itu, peran kepala sekolah sangat diperlukan dalam mengawasi dan memotivasi guru. Permasalahan penelitian adalah bagaimana motivasi kerja guru, bagaimana peranan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, Apakah hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru. adapun tujuan penelitian untuk mengetahui motivasi mengajar guru, untuk mengetahui peranan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, untuk mengetahui hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru PAI di SMPN 9 PSP. Manfaat penelitian untuk dijadikan bahan masukan untuk meningkatkan motivasi kerjanya, salah satu syarat untuk menyelesaikan studi dalam mencapai gelar sarjana pendidikan. Pembahasan penelitian skripsi ini berkaitan dengan bidang pendidikan oleh karena itu pembahasan dan teori-teorinya berkaitan dengan teori Pendidikan, Psikologi dan yang berkaitan dengan bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Untuk mengetahui hasil penelitian, Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menggambarkan secara deskriftif peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru PAI di SMPN 9 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data digunakan dengan analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah motivasi kerja guru PAI adalah baik dilihat dari motivasi kerjanya guru memiliki motivasi yaitu Instrinsik: Adanya suruhan hati, adanya tuntutan pekerjaan, bekerja merupakan ibadah, Ekstrinsik:Meningkatkan perekonomian, memenuhi kebutuhan sosial, mencari pengalaman dan menambah wawasan, mencari jabatan.dan dalam meningkatkan motivasi kerja guru PAI, kepala sekolah berperan sebagai pemimpin motivator, administrator, supervisor dan menager. Hambatan kepala sekolah dibagian sarana prasarana kurang lengkap, kurangnya disiplin guru.