Pengaruh proses pembiayaan KPR IB muamalat terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk cabang Padangsidimpuan

Main Author: Dari, Lita Wulan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1450/1/12%20220%200110.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1450/
Daftar Isi:
  • Dalam rangka membangun kepuasan nasabah, Proses pembiayaan merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan bank sebagai perusahaan jasa dan tidak dapat dipungkiri dalam dunia bisnis saat ini.Produk pembiayaan KPR IB Muamalat merupakan produk pembiayaan konsumen yang sudah lama ada di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Seharusnya PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan memiliki lebih banyak nasabah pengguna produk pembiayaan KPR IB Muamalat. Namun fenomena yang terjadi jumlah nasabah pembiayaan KPR IB Muamalat tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman dan ketidaktahuan masyarakat terhadap produk pembiayaan KPR IB Muamalat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan KPR IB Muamalat ini, maka salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memberikan kualitas pembiayaan yang dapat memuaskan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pembiayaan KPR IB Muamalat dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kepuasan nasabah di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket, dengan jumlah sampel 32 nasabah yang di ambil dari populasi 212 nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji, normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis (t). Dengan menggunakan program bantuan SPPS Versi 22.0, diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaanY = 0,225 + 0,950X. Sedangkan, R squere(R2)sebesar0,430.Hal ini berarti 43,0% variabel kualitas pembiayaan KPR IB Muamalat mampu menerangkan variabel kepuasan nasabah di PT. Bank Muamlat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Sedangkansisanyasebesar 57,0% dipengaruhiolehvariabel lain yang tidakdimasukkandalampenelitianini. Hasil pengujian secara statistik (uji t) menunjukkan nilai thitung> ttabelyaitu 4,760>2,042. Dengan artian bahwa kualitas pembiayaan KPR IB Muamalat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan.