Upaya guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar

Main Author: Juwita, Juwita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1370/1/11%20310%200105.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1370/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Upaya guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar“ maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mutu pembelajaran, bagaimana upaya guru dan apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar. Dalam masalah di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar, faktor yang mempengaruhi guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini dilaksanakan penelitian dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara dan analisis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa, upaya yang dilakukan guru Agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Marancar adalah ada 2 cara yaitu: internal guru yaitu upaya guru meningkatkan profesi, membaca buku serta memperbanyak sumber buku untuk diajarkan, menggunakan metode bervariasi dan menggunakan media dalam pembelajaran, kognitif siswa yaitu kerjasama guru dan orang tua dan akhlak siswa. Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI adalah menggunakan metode yang bervariasi, menggunakan media dalam pembelajaran. Kendalanya adalah kurangnya jam pelajaran pendidikan agama Islam, kurangnya kemauan siswa, kurangnya motivasi, faktor keluarga, kurangnya media pendukung dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam.