Hubungan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar kesebangunan dan kekongruenan siswa kelas IX SMP Negeri 5 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan
Main Author: | Daulay, Ilham Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1368/1/09%20330%200012.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1368/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Negeri 5 Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Peneliti memilih tempat ini dikarenakan penguasaan konsep bangun datar siswa sangat rendah kemudian hasil belajar materi kesebangunan dan kekongruenan siswa juga rendah. Sebelum mempelajari materi kesebangunan dan kekongruenan siswa terlebih dahulu mempelajari materi bangun datar. Konsep bangun datar memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan materi kesebangunan dan kekongruenan, seperti ketika siswa mempelajari bangun datar (persegi panjang) ada istilah sisi yang berhadapan sama panjang. Berdasarkan latar belakang di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar materi kesebangunan dan kekongruenan pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Batang Angkola. Penelitian ini dinamakan penelitian ex post facto yaitu menguji yang telah terjadi pada suatu objek. Penelitian ini juga dinamakan penelitian kuantitatif yaitu melihat hubungan antara variabel X dan Y, kemudian bertujuan untuk menggambarkan kondisi variabel X dan Y, yaitu menggambarkan penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar materi kesebangunan dan kekongruenan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Negeri 5 Batang Angkola yang berjumlah 115 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sebesar 25% dari total populasi, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Untuk melihat hubungan variabel X dengan Y peneliti menggunakan rumus corelasi pearson product moment, kemudian untuk melihat signifikan tersebut peneliti melakukan uji signifikasi dengan menggunakan uji-t. Hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep bangun datar dengan hasil belajar materi kesebangunan dan kekongruenan pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Batang Angkola. Penerimaan hipotesis didasarkan pada hasil perhitungan yang diperoleh dari data penelitian, yaitu rhitung sebesar 0,912, dengan taraf signifikansi 5% dan n = 30, diperoleh rtabel sebesar (0,361). Dengan demikian diperoleh rhitung > rtabel, , kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi. Dengan uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 11,768, ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 30-2 = 28, sehingga diperoleh ttabel sebesar 2,05. Dengan demikian diperoleh thitung > ttabel.