Gambaran kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MTs Al-Bahriyah Gumarupu Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara
Main Author: | Harahap, Abdul Ajis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/134/1/12%20310%200001.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/134/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini mengkaji tentang Gambaran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Albahriyah Gumarupu Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Gambaran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Albahriyah Gumarupu Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MTs Albahriyah Gumarupu. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di MTs Albahriyah Gumarupu. Manfaat penelitian ini adalah Bagi penulis,memberikan pengalaman yang cukup besar karena dengan diadakan penelitian secara langsung dapat menambah wawasan pengetahuan tentang kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dan bagi para guru Pendidikan Agama Islam khususnya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan Agama Islam di Albahriyah Gumarupu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan adanya. Adapun unsur-unsur kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru, yaitu: Pemahaman terhadap siswa, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis,pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam.masih ada masalah-masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar yaitu: dalam pemahaman kondisi siswa guru tidak memperhatikan kondisi fisik siswa, perencanaan program pembelajaran guru dalam bentuk RPP sudah dilakukan, tetapi tidak dibawa setiap pertemuan, pemanfaatan teknologi, sekolah kurang mempunyai fasilitas media pembelajaran, pelaksanaan pendidikan guru hanya lebih dominan menggunakan metode ceramah, pengevaluasian pembelajaran lebih sering pembuatan tugas di rumah (PR) dan pengembangan siswa yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam adalah remedial dan ekstra kurikuler sedangkan bimbingan konseling tidak terlaksana.