Pengaruh kualitas produk dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian produk yakult (studi kasus di kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan)

Main Author: Lubis, Hasanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1284/1/14%20402%2000150.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1284/
Daftar Isi:
  • Produk Yakult minuman kesehatan nomor satu di Indonesia. Namun penjualan pada PT. Yakult persada cabang Padangsidimpuan selama enam bulan mengalami penurunan. Karena dengan Jumlah penduduk di Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan cukup besar sehingga terdapat perbedaan dan keragaman karakteristik masyarakat termasuk keinginan dan keputusan dalam membeli. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan saluran distribusi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk Yakult. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan saluran distribusi baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Kegunaan penelitian ini untuk peneliti, Perusahaan PT. Yakult Indonesia Persada Cabang Padangsidimpuan, Masyarakat Kelurahan Sigalangan Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, dan untuk Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan (IAIN). Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Manajemen. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, kualitas produk dan saluran distribusi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 66 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistic yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat di ketahui bahwa nilai R = 0,680 artinya korelasi antara variabel kualitas produk dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian terjadi hubungan yang kuat. Nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0,462 atau 46,2 % menunjukkan variabel kualitas produk dan saluran distribusi, mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 53,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung > ttabel (4,279 1,669). Variabel saluran distribusi terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai (5,235 1,669). Secara simultan diperoleh terdapat pengaruh kualitas produk dan saluran distribusi secara simultan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel (27,095 >2,39)