Analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Puskesmas Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara
Main Author: | Harahap, Alvionita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1274/1/14%20402%2000138.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1274/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan Latar belakang penelitian ini adalah dimana jumlah kunjungan pada tahun 2017 mengalami naik turun setiap bulannya. Hal ini sangat mungkin terjadi disebabkan karena pelayanan yang belum optimal untuk mencapai kepuasan pelanggan. Berdasarkan latar belakang masalah, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Labuhan Rasoki. Maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanana di Puskesmas Labuhan Rasoki. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan. Hal ini sesuai dengan teori dalam buku Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra yang menyatakan bahwa dalam bisnis jasa dan layanan karyawan merupakan elemen krusial yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas jasa yang dihasilkan dan dipersepsikan oleh pelanggan. Bila elemen tersebut diabaikan, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama penyedia jasa akan kehilangan banyak pelanggan lama dan dijauhi calon pelanggan.pelanggan akan beralih kepenyedia jasa yang lebih mampu memberikan layanan yang lebih baik. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Labuhan Rasoki yang pernah berobat di Puskesmas Labuhan Rasoki, sampel yang diambil sebanyak 94 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner, wawancara, studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Indeks (CSI). Hasil penelitian IPA yang menunjukkan bahwa terdapat 17 atribut yang berada pada kuadrat kedua (pertahankan prestasi) yang mana atribut-atribut yang memiliki kinerjanya sudah sangat baik dan dianggap penting oleh masyarakat. Sedangkan berdasarkan Customer Satisfaction Indeks (CSI), diketahui bahwa nilai CSI sebesar 68,21%. Kepuasan pada Puskesmas Labuhan Rasoki berada pada range 0,66-0,80. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum indeks kepuasan masyarakat di Puskesmas Labuhan Rasoki untuk atribut-atribut yang diuji adalah pada kriteria “puas”.