Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu prabayar merek IM3 (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan

Main Author: Sitompul, Pitri Anti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1263/1/12%20230%200027.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1263/
Daftar Isi:
  • Kartu prabayar merek IM3 merupakan salah satu perusahaan penyediaan jasa telekomunikasi di Indonesia. Harga yang telalu mahal terkadang membuat para konsumen ragu-ragu untuk membeli. Produk yang memiliki promosi yang baik cendrung akan lebih muda diterima konsumen. Rumusan masalah penelitian adalah pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu prabayar merek IM3. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar merek IM3. Manfaat penelitian bagi peneliti, bagi perusahaan, bagi peneliti selanjutnya dan bagi masyarakat umum. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan ilmu manjemen pemasaran. Sehubung denga hal itu, pendekatan yang dilakukan peneliti adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, harga dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunkan purposive sampling, sumber data yaitu data primer, dan pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik angket (kuesioner). Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil penelitian diperoleh nilai R squer sebesar 0,588. Jadi kontribusi pengaruh dari variabel indevenden harga dan promosi terhadap variabel keputusan pembelian dalam penelitian ini sebesar 58,8% sedangkan sisanya 41,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Untuk variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan nili t hitung > t tabel (2,585 > 2,002). Untuk variable promosi terdapat pengaru terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitun > t tabel (2,252 > 2,002). Berdasarkan hasil uji secara simultan diperoleh nilai F hitung > F tabel (43,035 > 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh harga dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian kartu prabayar merek IM3 pada mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan.