Problematika penerapan nilai-nilai pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Modern Daarul Muhsinin Kecamatan Bila Hulu Kabupaten Labuhan Batu

Main Author: Siagian, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1244/1/13%20310%200085.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1244/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakarangi adanya kenyataan bahwa santri pada Pondok Pesantern Daarul Muhsinin Kec. Bila Hulu Kab. Labuhan Batu, terlihat kurang menerapkan nilai pendidikan akhlak. Hal ini terbukti masih ada siswa yang nakal, tidak disiplin, bolos sekolah, dan melawan kepada guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apa saja faktor penghambat dalam menerakan nilai pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Modren Daarul Muhsinin Kec. Bila Hulu Kab. Labuhan Batu Selatan. Apa saja metode yang dilakukan untuk menguatkan akhlak bagi santri/santriwati. Apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Daarul Muhsinin. Apa saja upaya guru dalam menerapkan nilai pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Modern Daarul Muhsinin Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat keadaan lapangan secara murni sesuai dengan konteks penelitian. Adapun metode pengumpulan datanya ialah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa problematika penerapan nilai pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Modern Daarul Muhsinin yaitu: problem keluarga, problem sekolah, problem pergaulan, problem pengawasan pihak sekolah, problem kesadaran siswa, dan problem pengaruh media elektronik. Metode dalam menerapkan pendidikan akhlak adalah metode metode pengawasan, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasehat. Kemudian nilai pendidikan yang diterapkan adalah disiplin, kesederhanaan, ukhwah Islamiyah, berdikari, jujur, berbudi tinggi, dan saling menyayangi. selanjutnya upaya guru dalam menerapkan akhlak adalah membiasakan santri dalam melakukan ibadah shalat, terbiasa disiplin dan mengatur, dan menumbuhkan rasa taat anak pada gurunya