Analisis strategi pemasaran produk Ar-Rum (Ar-Rahn untuk usaha mikro kecil) pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Alaman Bolak

Main Author: Rizki, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1186/1/12%20220%200156.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1186/
Daftar Isi:
  • Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Untuk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, menuntut setiap perusahaan meningkatkan strategi pemasaran kepada semua konsumen. Begitu juga dengan perusahaan jasa maupun produk semua berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas yang ada di tiap perusahaan agar semakin meningkat dan menjadi lebih baik lagi, sehingga dengan adanya strategi pemasaran produk-produk Pegadaian Cabang Alaman Bolak, diharapkan segala keinginan dan kebutuhan masyarakat maupun pelanggan dapat terpenuhi dengan baik dan terorganisir dengan baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk Ar-Rum. Agar semua kalangan masyarakat dapat mengetahui produk baru yang dimiliki oleh Pegadaian Syariah. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Strategi pemasaran yang dipakai oleh Pegadaian Syariah untuk mengenalkan produknya adalah dengan metode Marketing Mix dan dengan menggunakan strategi 7p. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dilakukan melalui 7P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion, People, Process, Physical Evidence. Produk, penentuan logo dan motto, menciptakan merk. Price, perusahaan sebisa mungkin menawarkan harga yang terendah sehingga lebih banyak menarik minat nasabah. Place, mendirikan kantor pusat, kantor cabang dan lain-lain yang memudahkan nasabah untuk memperoleh manfaat dan jasa perusahaan tersebut. Promotion, melalui media elektronik seperti tv, radio, majalah, brosur, dan penjualan pribadi. People, skill pemimpin ataupun karyawan yang sudah ahli bukan hanya dalam memasarkan produk tapi juga dalam melayani nasabah dengan sebaik-baiknya. Process, proses dalam pelayan juga sangat menentukan keberhasilan perusahaan untuk memikat nasabah, kecepatan, kemudahan, keamanan, dan kenyamanan dalam berinteraksi sangat diperlukan. Physical Evidence, bukti fisik dari ini sangatlah diperlukan baik itu fasilitas di pegadaian tersebut demi kenyamanan nasabah dalam melakukan pembiayaan.