Pelaksanaan metode demonstrasi pada pokok bahasan fardhu kifayah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Harahap, Nurhabiba
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1181/1/14%20201%2000151.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1181/
Daftar Isi:
  • Adapun latar belakang masalah sehingga peneliti mengangkat judul Pelaksanaan Metode Demonstrasi Pada Pokok Bahasan Fardhu Kifayah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas, bahwa masih banyak siswa yang kurang mampu dalam memahami materi tentang fardhu kifayah, sehingga berdampak negatif terhadap kemampuan siswa dalam mempraktekkan cara fardhu kifayah dengan benar. Karena pada proses pengajaran materi tentang fardhu kifayah tersebut, guru hanya menerapkan metode ceramah saja, sehingga banyak siswa kurang dalam memahami cara melaksanakan fardhu kifayah, siswa banyak yang tidak dapat melaksanakan langkah-langkah fardhu kifayah seperti memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan. Rumusan Masalah penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada materi pokok bahasan fardhu kifayah di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas. serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada materi pokok bahasan fardhu kifayah di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tindakan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan metode demonstrasi pada pokok bahasan fardhu kifayah dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawaspada mulanya dapat dinilai dengan cukup. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan hasil belajar siswa semakin meningkat pada pokok bahasan fardhu kifayah. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fardhu kifayah dilihat berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Langkah awal pada prasiklus yang dilakukan oleh peneliti hasil belajar siswa mencapai 66,66. Pada tindakan siklus I meningkat menjadi 80, sedangkan pada tes tindakan siklus II mencapai 96,66, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada pokok bahasan fardhu kifayah benar-benar meningkat