Penerapan metode demonstrasi dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih materi salat di kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah Huta Padanng Kec. Padangsidimpuan Tenggara
Main Author: | Ernawati, Tuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1180/1/14%20201%2000114.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1180/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah penelitian ini yaitu: guru memiliki peranaan yang sangat penting dalam pembelajaran disamping guru harus menguasai materi pelajaran, guru juga dituntut untuk mampu menguasai metode pengajaran sesuai materi yang diajarkan. Jika metode dalam pembelajaran tidak dikuasai, maka penyampaian materi ajar menjadi tidak maksimal, seperti yang terjadi di MTs S Darul Istiqomah guru kurang mampu dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan, dan masih sedikit siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 80%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Fiqih materi salat di kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah Huta Padang Kec. Padangsidimpuan Tenggara”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa pada bidang studi Fiqih materi salat di kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah setelah menerapkan metode demonstrasi. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan metode demonstrasi yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih materi salat dalam peningkatan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan metode demonstrasi, hasil belajar, Fiqih dan salat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (aplication), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Jumlah siklus dalam penelitian ini adalah II siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapaun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah dengan jumlah siswa 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: penerapan metode demonstrasi pada materi salat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIa di MTs S Darul Istiqomah Huta Padang Kec. Padangsidimpuan Tenggara. Hal ini dapat dinyatakan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi salat yang dapat dilihat berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada prasiklus yang dilakukan peneliti hasil belajar siswa aspek psikomotorik mencapai 16%, pada siklus I meningkat menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%, dan dari aspek kognitif hasil belajar siswa prasiklus yaitu 24%, pada siklus I meningkat menjadi 48%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada materi salat hasil belajar siswa benar- benar memperoleh peningkatan dan mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 80%.