Sertifikasi dalam meningkatkan kinerja guru PAI di Sekolah Dasar Negeri 002 Sihepeng
Main Author: | Saleh, Irwan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/113/1/12%20310%200219.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/113/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana peran Sertifikasi dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SDN 002 Sihepeng yang dilihat dari segi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, melaksanakan kegiatan belajar mengajar,dan melaksanakan evaluasi pembelajaran di SDN 002 Sihepeng. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sertifikasi dalam meningkatkan kinerja Guru PAI di SDN 002 Sihepeng dilihat dari segi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, melaksanakan kegiatan belajar mengajar,dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Program sertifikasi adalah upaya yang dilakukan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu,martabat, dan kesejahteraan guru. Dengan adanya sertifikasi pemerintah berharap kinerja guru semakin hari semakin meningkat baik dari kualitas maupun kompetensinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yakni dengan menggunakan metode deskriptip dengan menggambarkan apa yang terjadi dilapangan serta menyesuaikannya dengan teori yang ada. Untuk mengetahui hasil dari penelitian ini, maka penulis menggunakan pengolahan dan analisis data secara kualitatif deskriftip dimana dalam penelitian ini melaksanakan riset lapangan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dilapangan peneliti dapat menyimpulkan Dari hasil penelitian dilapangan peneliti dapat menyimpulkan bahwa kinerja guru dalam melaksanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran cukup baik karena guru sertifikasi cukup menyadari tanggung jawabnya terhadap profesinya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Maka peningkatan mutu guru dan mutu pendidikan itu melalui program sertifikasi. Rasionalnya apabila kompetensi guru itu bagus diharapkan kinerjanya juga bagus, sebab guru yang mendapatkan tunjangan sertifikasi adalah guru yang dipandang sudah memiliki kinerja yang bagus. Apabila kinerjanya bagus maka KBMnya juga akan bagus. Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM) yang bagus diharapkan dapat membuahkan pendidikan yang bermutu, maka pemikiran inilah yang mendasari bahwa guru perlu disertifikasi