Pola asuh orangtua terhadap peningkatan prestasi belajar anak pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Nasution, Husna Hidayah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1125/1/14%20201%2000134.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1125/ |
Daftar Isi:
- Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh orangtua terhadap anak di desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui prestasi belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam pada masing-masing pola asuh yang diterapkan orangtua di desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas, dan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan orangtua untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam anak di desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas. Macam-macam pola asuh yang diterapkan orangtua di Desa Pasar Ujung Batu adalah: pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh Laisses fire. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka digunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Serta analisi data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatfif. Hasil penelitian ini menunjukkan Pola asuh orangtua terhadap anak di desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas terdiri dari pola asuh otoriter dengan ditandai sikap keras orangtua terhadap anak, pola asuh demokratis yaitu adanya kontrol atau pengawasan dan kerja sama antara orangtua dan anak, dan pola asuh Laisses Fire yaitu orangtua cenderung tidak memperhatikan anak. Prestasi belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam pada masing-masing pola asuh yang diterapkan orangtua di desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas cenderung berbeda. Usaha-usaha yang dilakukan orangtua untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam anak di desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas terdiri dari memberikan motivasi, pelatihan, dan memfasilitas anak dalam belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah para orangtua yang ada di Desa Pasar Ujung Batu seharusnya mnerapkan pola asuh yang efektif dan tepat pada anak dengan memberikan landasan cinta dan kasih sayang, kerja sama antara orangtua dan anak dengan sebaiknya”berkompromi dalam menetapkan nilai-nilai yang boleh dan tidak terhadap pendidikan agama islam.