Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Indivudualization) terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Harahap, Asriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1100/1/123300007.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1100/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengatasi kondisi siswa yang cenderung diam, siswa malu bertanya padahal dirinya tidak paham akan materi yang diajarkan dan kurang terkontrolnya siswa dalam proses pembelajaran karena sering bercanda. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman kosep dan komunikasi matematika siswa dalam proses pembelajaran adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assissted Individualization) terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa pada materi garis dan sudut kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Randomized Control Group Pre-Test and Post-Tes Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII dengan jumlah 197 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan random sampling atau sampel acak berkelompok yaitu kelas VII3 dengan jumlah 42 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII5 dengan jumlah 42 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t yang diperoleh dari hasil uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan