Penerapan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada bunga photo studio Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Imelda Junita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1080/1/14%20402%2000105.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1080/
Daftar Isi:
  • Kebutuhan masyarakat akan jasa semakin signifikan khususnya jasa fotografi dimana masyarakat tidak terlepas dari yang namanya teknologi. Bunga Photo Studio merupakan salah satu bisnis dibidang jasa yang menawarkan produk yaitu foto dan jasa yaitu pemotretan. Kurangnya penerapan kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan. Padahal kepuasan pelanggan adalah kunci untuk mempertahankan pelanggan. Hal inilah yang mendasari peneliti melakukan peninjauan lebih dalam tentang kualitas pelayanan dan apa saja kendala dalam penerapan kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio dan apa saja kendala dalam penerapan kualitas pelayanan tersebut. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori tentang kepuasan pelanggan dan kualitas pelayanan yang menggunakan model SERVQUAL yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrument atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait dan internet. Dari hasil penelitian tentang penerapan kualitas pelayanan pada Bunga Photo Studio Padangsidimpuan telah menerapkan lima dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy telah diterapkan dengan baik. kelima dimensi yang diterapkan telah memberikan kepuasan kepada pelanggan, walaupun masih ada sedikit kekurangan dari segi tangible meliputi tampilan gedung, papan merek dan background yang digunakan dalam pemotretan. Adapun kendala yang dihadapi yaitu kurangnya tenaga kerja yang kualifaid dibidang fotografi dan pimpinan yang tidak memberikan perhatian sepenuhnya terhadap kegiatan di Bunga Photo Studio