Pengaruh teknik Icebreaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema pythagoras kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan

Main Author: Rambe, Fitri Anuriman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1071/1/15%20202%2000008.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1071/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan pada mata pelajaran Matematika materi Teorema Pythagoras masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode konvensional yang dilakukan guru, belum mampu meningkatkan motivasi siswa. Dengan kondisi pembelajaran yang demikian itu, maka memerlukan perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut seharusnya guru menerapkan teknik pembelajaran Icebreaker untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan teknik icebreaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan ?“.Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan teknik icebreaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Non Randomized Control Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 10 kelas sebanyak 277 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi yaitu kelas VIII-3 sebanyak 20 siswa dan kelas VIII-5 sebanyak 20 siswa. kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data digunakan rumus chi-kuadrat, Uji Homogenitas dan uji-t. Dari hasil pengujian diperoleh rata-rata kelas eksperimen yaitu 76,95 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 69,25. Sedangkan, dari analisis data menggunakan uji t diperoleh t hitung = 9,19 dibandingkan dengan t tabel yaitu dengan α = 5 % dan dk = ( maka diperoleh t tabel = 2,02. Karena > , yakni 9,19 > 2,02, yang menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan teknik icebreaker terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP N 9 Padangsidimpuan.