Pengaruh model pembelajaran kooperatif guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran pada kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan

Main Author: Pulungan, Pita Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1066/1/14%20202%2000019.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1066/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah yang rendah dan model pembelajaran yang digunakan guru masih berpusat pada guru. Penelitian ini diberi judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Guided Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pokok Lingkaran Pada Kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan”. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Model pembelajaran kooperatif guided teaching merupakan rangkaian penyampaian materi ajar yang diawali dari suatu pertanyaan dan dijadikan dasar menyampaikan materi berikutnya. Karakteristik model pembelajaran kooperatif guided teaching yang diawali dengan pertanyaan berimplikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain non randomized control group pretest post test design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 244 orang, sampel yang digunakan terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrolnya adalah kelas VIII-9 dan kelas eksperimennya adalah kelas VIII-10. Instrumen pengumpulan data adalah test berbentuk essay yang terdiri dari 4 soal pretest serta 4 soal postest. Analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 22 yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan menggunakan paired samples test dan diperoleh signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000. Oleh karena 0.000 0,05 maka ditolak dan diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah materi pokok lingkaran pada kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan