Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Rosnita Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1035/1/14%20402%2000086.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1035/
Daftar Isi:
  • Hijab merupakan salah satu kebutuhan pokok sandang kaum muslimah. CV. Rabbani Asysa merupakan salah satu produsen hijab Indonesia dan merupakan merek yang terkenal secara nasional. Pada tahun 2015, hijab merek Rabbani merupakan peraih topbrand award yang menduduki urutan pertama namun pada tahun berikutnya 2016 dan 2017, mengalami penurunan dan berada di posisi kedua. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian ini, untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian hijab Rabbani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas dan merek terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan secara parsial dan simultan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang harga, kualitas, merek dan teori keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner dan observasi. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat/ konsumen dari hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dan untuk metode penentuan ukuran sampel menggunakan pendapat Gay dan Airasian dalam Umar (2013). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 23. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (2,185 > 1,989), kualitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (2,571 > 1,989), dan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani thitung > ttabel (10,953 > 1,989). Secara simultan harga, kualitas dan merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan yakni thitung > ttabel (85,141 > 2,72). Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa 75% harga, kualitas dan merek memengaruhi keputusan pembelian hijab merek Rabbani pada CV. Rabbani Asysa Cabang Padangsidimpuan, sedangkan 25% lagi dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.