Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen pada kelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan

Main Author: Asmina, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1019/1/14%20202%2000152.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1019/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah penguasaan siswa terhadap matematika materi eksponen sangat rendah. Kesulitan belajar matematika khususnya eksponen, pada kelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan, siswa banyak yang bernilai rendah, atau kurang memuaskan, bahkan banyak yang kurang paham dalam pembelajarannnya, sehingga nilai mereka tidak mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan yang di alami siswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen serta apa faktor yang mempengaruhi siswa mengalami kesulitan tersebut yaitu pada kelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan. Kemudian yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen di Kelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan serta untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen dikelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu dengan menggunakan data kualitatif berupa kata-kata atau lisan dari orang- orang atau sesuatu yang diamati di lapangan. Sumber data dalam penelitia ini, data primer siswa Kelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan, dan guru Matematika Kelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan. Sedangkan data sekunder nilai harian Matematika siswa pada Eksponen. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen. Untuk pemahan konsep eksponen terdapat 15 siswa (42.86%) yang mengalami kesulitan, untuk pangkat negatif terdapat 18 siswa (51.43%) yang mengalami kesulitan, untuk pangkat nol terdapat 3 siswa (8.57%) yang mengalami kesulitan, untuk sifat-sifat pangkat positif terdapat 18 siswa (42.86%) yang mengalami kesulitan, serta pangkat pecahan 23 siswa (65.71%) yang mengalami kesulitan, dan untuk nilai yang diperoleh berdasarkan hasil skor yang diperoleh siswa terdapar 23 dari 35 siswa (65.71%) yang memiliki nilai dibawah KKM. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen ialah, siswa kurang paham perkalian dan pembagian, kurang paham eksponen, kurang latihan dalam menyelesaikan soal, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan, malas bertanya pada guru, malas belajar dirumah, serta kurang teliti dalam menyelesaikan soal.