Pengaruh penggunaan software algebrator terhadap hasil belajar matematika siswa materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan

Main Author: Situmorang, Duma Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1016/1/14%20202%2000083.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1016/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan metode ceramah. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan pengunaan Software Algebrator agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa juga meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Software Algebrator Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan Penggunaan Software Algebrator Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan teknik sampel purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 248 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu kelas VIII5 sebanyak 23 siswa dan kelas VIII6 sebanyak 22 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Dari hasil pengujian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada posttest yaitu 91,717 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 84,273. Sedangkan hasil uji-t diperoleh yaitu 11,995 > 1,681 yang menunjukkan diterima dan ditolak. Yaitu terdapat pengaruh signifikan Penggunaan Software Algebrator Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP N 5 Padangsidimpuan.