Pengaruh konsentrasi dan pendampingan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Lubis, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1013/1/14%20202%2000049.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/1013/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan, akibat masih rendahnya tingkat konsentrasi belajar siswa dan kurangnya pendampingan belajar siswa yang ia dapatkan di dalam lingkungan keluarganya, terutama orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan pendampingan belajar terhadap hasil belajar Matematika baik secara parsial atau tersendiri maupun secara simultan atau bersama-sama. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Matematika, maka sehubungan dengan itu teori yang digunakan adalah teori belajar Behaviorisme, teori belajar Skinner, teori Taxonomy of Education Objective (Taxonomy of Bloom) terhadap variabel penelitian yaitu konsentrasi belajar, pendampingan belajar dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif ex-post facto. Dimana ex post facto secara harfiah berarti “sesudah fakta”, karena kausa atau sebab yang diselidiki tersebut sudah berpengaruh terhadap variabel lain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana jumlah sampel adalah seluruh populasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Berdasarkan uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal. Pengujian uji F diperoleh uji hipotesis pertama Fhitung > Ftabel (3,955 > 3,109) dan signifikansi < 0,05 (0,019 < 0,05) dengan korelasi sebesar 0,368 dan memberikan kontribusi sebesar 18,0%, jadi ada pengaruh yang signifikan antara Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar; dan uji hipotesis kedua Fhitung > Ftabel (4,440> 3,109) dan signifikansi < 0,05 (0,011 < 0,05) dengan korelasi sebesar 0,479 dan memberikan kontribusi sebesar 20,5%, jadi ada pengaruh yang signifikan antara Pendampingan Belajar terhadap Hasil Belajar. Pengujian uji F diperoleh uji hipotesis ketiga yang menunjukkan Fhitung > Ftabel (4,582 > 3,109) dan signifikansi < 0,05 (0,014 < 0,05) dengan korelasi sebesar 0,672. Jadi kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara Konsentrasi dan Pendampingan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika siswa pada materi Garis dan Sudut memberikan kontribusi sebesar 35,5%.