Perspektif strategi pembelajaran akhlak mulia membangun transformasi sosial siswa SMP

Main Author: Dasopang, Muhammad Darwis
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan , 2014
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/90/1/Muhammad%20Darwis%20Dasopang.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/90/
http://e-journal.perpustakaanstainpsp.net/index.php/SMD/article/view/22
Daftar Isi:
  • Kajian ini bertujuan untuk membahas perspektif strategi pembelajaran akhlak mulia membangun transformasi sosial siswa SMP. Manusia seutuhnya menjadi target capaian pendidikan dalam sebuah institusi, yang inti capaiannya meliputi aspek jasmani dan rohani dengan iman dan takwa sebagai landasannya. Dalam perspektif Islam kedua capaian itu tercakup dalam konsep fitrah membentuk akhlak mulia dalam konteks internal dalam dirinya dan eksternal ketika bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Perpaduan keduanya tampil dalam al-jism dan al-ruh yang terdiri dari al-‘`aql, al-qalb, dan al-nafs secara utuh dan terintegrasi melahirkan manusia berakhlak mulia. Dalam pembelajarannya menggunakan strategi afektif dengan pendekatan value centre, yakni pembelajaran yang lebih mengedepankan sikap dan nilai, menyeimbangkan keaktifan guru dan murid dalam upaya membentuk hubungan sosial yang memiliki kesadaran dan bersinergis. Sinergisitas kesadaran antara keduanya membentuk kepatuhan, kepatutan, ketaatan dan keterampilan membina hubungan sosial yang baik di antara sesama siswa, juga secara timbal balik guru dan siswa dan lainnya.