Etika bisnis pengusaha muslim terhadap pelayanan konsumen dalam meningkatkan daya beli masyarakat: studi kasus pedagang pusat pasar Kota Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Rosnani |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP2M IAIN Padangsidimpuan
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/77/1/Rosnani%20Siregar.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/77/ http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/TZ/article/view/364 |
Daftar Isi:
- Urgensi Bisnis memang tak bisa diremehkan. Bisnis memainkan peranan vital (penting) dalam kehidupan sosial sepanjang masa. Di mana kekuatan ekonomi memiliki arti yang sama dengan kekuatan politik, sehingga urgensi bisnis dapat mempengaruhi semua tingkat individu, sosial, regional, nasional dan internasional. Jadi setiap sistem ekonomi asalkan itu menjamin perlu untuk menjunjung keadilan harus dilakukan manusia. Keterlibatan Muslim di perdagangan sangat terkait dengan pemahaman agama mereka tentang prinsip-prinsip hidup yang selalu menempatkan penebaran rahmat bagi seluruh alam. Dalam konteks ini para pedagang Muslim menganggap bisnis perdagangan dalam pekerjaan mulia dan legitimasi nabi Allah. Para pedagang dapat melakukan dengan akun sistem hutang untuk memasarkan barang-barang konsumen. Account hutang yang tidak mengandung unsur riba. Konsumen sebaiknya tidak mengabaikan pembayaran utang kepada pedagang, sehingga tidak ada sengketa. Dalam menentukan harga barang, pedagang harus memberikan harga sesuai dengan harga pasar setiap konsumen. Pedagang harus memberikan hak khiyar bagi konsumen, menurut aturan khiyar dalam hukum Islam. Jika sudah begitu etika pengusaha dalam melayani pelanggan, saat itu pelanggan akan berbelanja dan meningkatkan daya beli di toko-toko pedagang Muslim.