Peningkatan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan Morning Meeting

Main Author: Ramadhini, Fitri
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/751/1/11%20PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20BERBICARA%20ANAK%20USIA%203-4%20TAHUN.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/751/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses dan hasil dengan menggunakan kegiatan morning meeting dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun di PAUD Al IkhlasSalemba Tengah, Jakarta Pusatpadatahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan Kemmis & Taggart yang terdiridari: (a) perencanaan, (b) tindakan dan observasi, dan (c) refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Skor data dari kemampuan berbicara dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak telah meningkat. Bilapre test kemampuan berbicara anak secara signifikan 60,28% dan pada siklus I menjadi 72,21%. Skor pada siklus II meningkat sekitar 11,17% dan mendapat skor 83,38%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) proses penggunaan kegiatan morning meeting dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada PAUD Al-Ikhlas Salemba Tengah, Jakarta Pusat pada tahun 2018, (2) kemampuan berbicaraanak PAUD Al-Ikhlas Salemba Tengah, Jakarta Pusat pada tahun 2018 meningkat dari pra siklus kesiklus pertama dan siklus kedua.