Pendekatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran di MI/SD
Main Author: | Syafrilianto, Syafrilianto |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/745/1/06%20PENDEKATAN%20KETERAMPILAN%20PROSES%20SAINS.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/745/ |
Daftar Isi:
- Karakteristik pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar (MI/SD) diantaranya menekankan pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center learning). Hal ini tertuang dalam kurikulum 2013 yang menyatakan bahwa pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran berupa pendekatan saintifik. Selain pendekatan saintifik, terdapat juga pendekatan pembelajaran lain yang sama-sama menganut teori belajar konstruktivisme yaitu pendekatan keterampilan proses sains (KPS). Karakteristik utama pendekatan keterampilan proses sains menekankan kepada keaktifan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran betul-betul berpusat pada siswa, bukan pada guru. Adapun jenis-jenis keterampilan proses sains yaitu observasi, interpretasi, klasifikasi, prediksi, berkomunikasi, berhipotesis, merancang percobaan, aplikasi konsep, mengajukan pertanyaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains merupakan salah pendekatan yang tepat digunakan dalam pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar (MI/SD) karena dapat menjadikan siswa aktif dan kreatif selama kegiatan pembelajaran serta melatih berbagai jenis keterampilan proses siswa.