Aplikasi Ruangguru untuk pembelajaran di Era Covid-19
Main Authors: | Lubis, Maulana Arafat, Azizan, Nashran, Rasyid, Arbanur, Syafrilianto, Syafrilianto |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/742/1/04%20APLIKASI%20RUANGGURU%20UNTUK%20PEMBELAJARAN.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/742/ |
Daftar Isi:
- Era COVID-19 menuntut dunia pendidikan bertransformasi sistem pembelajarannya menuju digitalisasi berbasis aplikasi. Aplikasi pembelajaran saat ini yang banyak diperbincangkan ialah Ruangguru. Ruangguru adalah aplikasi yang diperuntukkan membantu siswa dalam belajarnya karena isinya berdasarkan mata pelajaran yang sesuai kurikulum di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri keefektifan aplikasi Ruangguru untuk pembelajaran khususnya di lingkup sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif melalui survei. Populasi penelitian ini adalah siswa SD/MI yang berada di wilayah Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Teknik sampelyang digunakan dalam penelitian ini ialah probability sampling yang meliputi simple random sampling, jadi siswa yang merespon berjumlah 81 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berbantuan Google Form. Analisis data penelitian memakai statistik deskriptif berbantuan software STATCAL. Hasil penelitian ini menemukan data bahwa aplikasi Ruangguru terlihat efektif digunakan untuk pembelajaran bagi siswa SD/MI di wilayah Kota Padangsidimpuan Provinsi Sumatera Utara selama masa pandemi COVID-19 dengan memiliki rata-rata persentase 80,25%.