Peningkatan kemampuan berfikir kritis melalui model pembelajaran SETS (Science, Environmental, Technology and Society) pada pembelajaran IPA
Main Author: | Hilda, Lelya |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/741/1/03%20PENINGKATAN%20KEMAMPUAN%20BERPIKIR%20KRITIS%20MELALUI%20MODEL.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/741/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan pendidikan saat ini tidak lepas dari perkembangan teknologi. Kesulitan pembelajaran IPA karena masih kurangnya integrasi materi dalam kehidupan nyata. Salah satu dalam mengatasi kesulita tersebut dengan melakukan pendekatan SETS (Science, environmental, technology and society). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian mahasiswa PGMI 2 sebanyak 38 orang, instrument penelitian dengan tes kemampuan berfikir kritis. Hasil yang diperoleh dalam pelaksanaan PTK dengan rata-rata pada siklus 1 (66.07), siklus 2 (71.35) dan siklus 3 (79.91), sedangkan ketuntasan klasikal diperoleh hasil pada siklus 1 (44.74), siklus 2 (63.16) dan siklus 3 (76.32). Kemampuan berfikir kritis mahasiwa mengalami peningkatan dengan pendekatan SETS.