Merdeka belajar bagi anak kebutuhan khusus di SLB Kumala Indah Padangsidimpuan

Main Authors: Asfiati, Asfiati, Mahdi, Nur Imam
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau , 2020
Subjects:
Online Access: http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/655/1/6.%20Merdeka%20Belajar%20Bagi%20Anak%20Berkebutuhan%20Khusus.pdf
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/655/
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/index
http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9620
Daftar Isi:
  • Pemerintah melakukan perubahan pendidikan yaitu adanya Merdeka Belajar. Merdeka Belajar diharapkan dilaksanakan oleh semua jenis pendidikan termasuk anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan penuh untuk mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Fokus penelitian ini yaitu sistem zonasi sebagai sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan asesement kemampuan minimum serta survey karakter. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sumber data primer penelitian adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Sumber data sekunder adalah 5 orang guru dan siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi, dokumentasi. Data dianalisa dengan teknik interaksi melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem zonasi PPDB telah dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Kumala Indah kota Padangsidimpuan sebagai bukti mendukung program pemerintah. PPDB melalui jalur zonasi 50 % terdiri dari 10 siswa.