Pengaruh jenis kecerdasan terhadap hasil belajar topik aljabar kelas viii MTSN se-Kota Padangsidimpuan
Main Authors: | Rangkuti, Ahmad Nizar, Rambe, Sojuangon |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP2M IAIN Padangsidimpuan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/64/1/Ahmad%20Nizar%20Rangkuti%20dan%20Sojuangon%20Rambe.pdf http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/64/ http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/TZ/article/view/401 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh ketujuh jenis kecerdasan manusia menurut Howard Gardner (1983) dari kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah khususnya pada topik aljabar. Penelitian ini terdiri dari 115 responden yang diambil secara random dari populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan test dan angket. Hasil uji hipotesis diperoleh dengan Fhitung 2,327 > Ftabel 2,09 pada taraf signifikansi α=0,05. Dengan menggunakan uji Scheffe, urutan dari kemampuan menyelesaikan soal aljabar berdasarkan jenis kecerdasan adalah: Logika-matematika> Kinestetik> Intrapersonal > Interpersonal > Linguistik > Spasial > Musika.